Membersihkan Virus Malware Iklan Pop Up, Spyware dan Adware menggunakan Aplikasi Malwarebytes

Tiba-tiba komputer atau laptop anda bermunculan iklan pop up terutama pada komputer atau laptop dengan system operasi Windows, padahal anda tidak membuka browser sama sekali. Tapi entah bagaimana ceritanya virus iklan tersebut selalu bermunculan di layar komputer anda, dan parahnya iklan yang bermunculan iklan yang gak senonoh. Tutorial saya kali ini akan memberikan tips menghapus virus malware atau iklan popup yang bermunculan di desktop.

Biasanya hal ini terjadi karena ada yang salah dengan cara menggunakan internet seseorang termasuk cara browsingnya, biasanya karena mengunjungi situs-situs yang tidak terpercaya atau bisa jadi karena sering mengkonfirmasi popup yang muncul tanpa membacanya terlebih dahulu, padahal kalau diperhatikan dengan seksama isinya adalah keterangan konfirmasi penambahan iklan popup pada komputer anda. Bila sudah terlanjur menempel, lalu bagaimana cara menghilangkan virus malware tersebut?

Pencegahan

Ok, sebelum kita bahas bagaimana cara menghapus virus di komputer atau laptop yang bersystem operasi windows, kita harus berusaha juga untuk mencegah supaya hal tersebut tidak terjadi lagi.
  1. Gunakan browser yang terpercaya.
  2. Kunjungi situs yang sehat, karena sebagian virus ini datang dari situs yang kurang sehat.
  3. Selalu memperhatikan pop up yang muncul dan membacanya dengan baik supaya tidak main klik OK.
  4. Jangan sembarangan klik iklan atau link yang gak jelas sumbernya.
  5. Kalau masih khawatir anda bisa menggunakan adblock pada browser anda untuk memblok semua iklan yang bermunculan pada saat browsing.

Penanganan

Pengalaman saya ketika membantu client untuk membersihkan virus iklan atau virus pop up saya menggunakan aplikasi gratis, nama aplikasinya Malwarebytes. Aplikasi ini ampuh saat saya coba. Cara menggunakannya cukup gampang.
  1. Pastikan anda sudah menginstall aplikasinya, bisa unduh disini.
  2. Masuk ke menu scan, lakukan scan yang direkomendasikan.
  3. Tunggu sampai proses scan selesai.
  4. Anda juga bisa memperhatikan setiap log yang masuk ke karantina, ketika ada file yang mencurigakan dan dianggap virus anda bisa menghapusnya atau file yang dirasa aman anda bisa merestore nya kembali.
Itulah tips mencegah dan cara hapus virus bandel iklan pop up di komputer yang bersystem operasi windows.

Selamat mencoba semoga bermanfaat

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...