7 Hal Ini Yang Mungkin Menyebabkan Susah Masuk Winbox Mikrotik

Tidak bisa masuk winbox pada mikrotik kadang menjadi masalah bagi sebagian orang, ada banyak faktor yang menyebabkan kita tidak bisa masuk ke winbox pada mikrotik. Berikut beberapa ulasan dari saya terkait masalah ini.

1. Tidak faham pengalamatan IP / Teknik subnetting
Tidak menuntut kemungkinan pengguna router mikrotik semuanya tidak faham jaringan komputer, ada sebagian orang juga yang menggunakan mikrotik karena kebutuhan, contoh seperti pemilik warnet yang terkadang mereka menggunakan mikrotik karena refrensi dari konsultannya. Nah jadi fahami dulu teknik subneting IP Addressnya, contoh bila mana ip pada interface mikrotik yaitu 192.168.1.1/24 maka di PC anda cukup gunakan IP yang masih satu network dengan IP pada interface mikrotik tersebut, contoh 192.168.1.2/24 -192.168.1.254/24.

2. Port service winbox
Cek port service pada winbox apakah di disable atau sudah di ganti nomor portnya, port winbox sendiri defaultnya adalah 8291.

3. Manfaatkan fitur neighbors
Bila anda menggunakan winbox versi 2.2.18 klik tombol [...] sebagai langkah pertama untuk mengecek antara router dan pc apakah sudah terhubung dengan baik, biasanya list router yang berada di network tersebut akan muncul dan terdeteksi. Cobalah manfaatkan login menggunakan MAC Address sebagai solusi login tanpa harus setting IP Address.

4. Masalah MAC Address
Tidak bisa login menggunakan MAC Address, coba matikan firewall pada PC anda, bila masih belum bisa coba gunakan PC lain.

5. Tidak bisa login MAC Address maupun IP Address
Untuk masalah ini perhatikan apakah kabel LAN yang anda gunakan berfungsi dengan baik, atau kemungkinan interface ether yang sudah lemah.

6. Terkena serangan DDOS
Nah tidak menuntuk kemungkinan, bagi kalian yang menempatkan ip public pada interface WAN mikrotik tidak mendapatkan serangan seperti itu, karena serangan DDOS tersebut menyerang mikrotik secara bertubi-tubi, mikrotik biasanya otomatis menutup service login nya entah alasan keamanan. Untuk menangani hal ini anda cukup cabut kabel yang terhubung dengan interface WAN, restart mikrotik lalu cobalah login lewat koneksi Lokal dengan catatan interface wan masih belum terhubung dengan internet. Periksa pada log mikrotik bila benar perangkat anda sedang di serang maka akan muncul pemberitahuan di log tersebut, solusinya segera rubah service port default mikrotik anda, dan matikan beberapa service port yang tidak di perlukan.

7. Versi Winbox
Terakhir kemungkinan versi winbox yang anda gunakan tidak cocok dengan perangkat mikrotik anda, cobalah gunakan versi sebelumnya atau versi terbaru.

Itulah artiekl yang membahas beberapa hal yang memungkinkan anda tidak bisa mengakses perangkat mikrotik. Terimakasih.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...