mengatasi hotspot mikrotik yang logout sendiri

Sering kali dikeluhkan client terkait kendala hotspot di mikrotik tiba-tiba logout sendiri, bagi yang baru mainan fitur hotspot di mikrotik mungkin ini masalah yang membingungkan. Sebenarnya kasus ini bukan masuk ke kategori masalah karena hal ini disesuaikan dengan kebutuhan dilapangan, ada sebagian admin juga menerapkan hal tersebut untuk alasan lain, bisa jadi untuk keamanan atau mengurangi pemakaian/penggunaan cache pada perangkat agar tidak terlalu membengkak, kecuali agan mempunyai perangkat mikrotik yang spesipikasinya memang memumpuni.

Ok langsung saja, hal tersebut di karenakan idle timeout pada hotspot server terkonfigurasi secara default, biasanya bernilai 00:05:00 atau lima menit, keterangannya maka waktu yang di berikan ketika user hotspot tidak ada aktifitas secara 5 menit maka akan otomatis logout. Berarti untuk menangani masalah ini cukup simple, yaitu rubah nilai tersebut sesuai yang anda inginkan.

Selain itu anda bisa mengaturnya idle timeout tersebut sesuai user profilenya, maka anda perlu mengaturnya di masing-masing user profile yang telah anda buat. Pada tab Users Profile pilih profile yang ingin anda rubah, disitu terdapat dua rule yang memungkinkan anda untuk memanipulasi waktunya, yaitu idle timeout dan keepalive timeout.

Sebagai tambahan, bila anda wirausaha voucher hotspot hal ini perlu di perhitungkan, terutama mengenai idle timeout dan saya rasa nilai pada idle timeout itu harus di berikan alasannya untuk membantu client anda yang sering lupa logout setelah menggunakannya. Bayangkan saja jika client anda membeli paket hotspot dari voucher yang anda tawarkan semisal 1GB, terus si user lupa logout dan semisal traffic terus berjalan dan otomatis mengurangi total paket yang dimiliki si client.

Semoga bermanfaat.

2 komentar :

Reader's Comments

  1. MIN SAYA MAU TANYA KENAPA USER TERLOGOUT SEMUA SAAT MASIH AKTIF

    BalasHapus
  2. dimana buka hotspot server itu bro jelaskan secara rinci...!

    BalasHapus