Cara Blok Permanen Koneksi Aplikasi FB dan Youtube Android Pada Mikrotik

Anda mengalami kendala saat blokir aplikasi facebook dan youtube menggunakan Mikrotik, banyak tutorial yang menjelaskan menggunakan layer7 atau TLS content, tapi setelah dicoba hanya berfungsi untuk website saja. Nah disini saya akan jelaskan cara block kedua aplikasi tersebut, hal ini juga sudah saya coba di hp android yang saya miliki, dan hasilnya berfungsi.

Disini kita akan membuat empat filter rule pada firewall, dua untuk protocol TCP dan dua lagi untuk UDP. Kenapa harus UDP juga? berdasarkan pengalaman saya pribadi ketika buka youtube masih bisa di akses, setelah saya melakukan percobaan dengan UDP langsung terblokir.

Langkahnya sederhana, simak baik-baik.

Facebook TCP
ip firewall filter add chain=forward src-address=192.168.2.0/24 protocol=tcp dst-port=80,443 content=facebook action=drop comment="facebook tcp"

Facebook UDP
ip firewall filter add chain=forward src-address=192.168.2.0/24 protocol=udp dst-port=80,443 content=facebook action=drop comment="facebook udp"

Youtube TCP
ip firewall filter add chain=forward src-address=192.168.2.0/24 protocol=tcp dst-port=80,443 content=youtube action=drop comment="youtube tcp"

Youtube UDP
ip firewall filter add chain=forward src-address=192.168.2.0/24 protocol=udp dst-port=80,443 content=youtube action=drop comment="youtube udp"




Kalau yang bingung pakai terminal, silahkan perhatikan gambar berikut.

langkah 1

langkah2
langkah3

Cukup masukan nama youtube pada kolom Content,  begitupun dengan facebook dan pastikan src. Address mengarah ke ip network yang ingin di block, contoh ip network lokal saya adalah 192.168.2.0/24.

Tutorial cara blokir aplikasi facebook dan youtube di mikrotik ini juga berlaku untuk block youtube website baik http maupun https.

Selanjutnya uji coba dengan membuka aplikasi atau web via browser sambil monitoring apakah rule tersebut sudah berfungsi dengan baik atau belum, pilih rule nya lalu masuk ke menu Statistics. Untuk memastikan rule benar-benar berfungsi silahkan tutup dulu browser atau aplikasinya lalu buka kembali.

Berikut hasil uji coba saya, dan hasilnya berfungsi. Berikan komentar dan testimoni karena penting bagi pengunjung selanjutnya supaya tahu apakah tutorial ini masih berfungsi atau tidak, bilamana anda merasa cara ini tidak bekerja, silahkan gunakan metode lain, karena saya hanya share pengalaman yang saya alami.
app facebook android

app youtube android

 Terimakasih, semoga bermanfaat.



3 komentar :

Reader's Comments

  1. mungkin ada metode baru gan, facebook apps meraja lela ini, tolong solusinya
    Terima kasih

    BalasHapus
  2. Aplikasi facebook android tetap jalan.mungkin ada penemuan lain gan... terimakasih

    BalasHapus