Cara Test Bandwidth Lewat Winbox Mikrotik

Mikrotik menyediakan fitur speedtest untuk memastikan bandwidth yang bisa dikirim/terima pada perangkat mikrotik. Fitur ini dinamakan Bandwidth Test, fitur tersebut hanya bisa di lakukan dengan lawan yang masih bermerk/device mikrotik. Saya sendiri adalah termasuk orang yang hampir selalu menggunakan fitur ini setiap hari, terutama pada Radio Mikrotik. Pada kasus ini kita akan coba bandwidth test lewat winbox.

Caranya sangat mudah, pastikan anda mengetahui alamat IP beserta user dan password login perangkat mikrotik lawan.

Masuk mikrotik A lewat Winbox, buka menu Tools lalu pilih Bandwidth Test dan untuk memulai test silahkan tekan tombol Start

  • Test To : Silahkan isi dengan alamat ip Mikrotik lawan
  • Protocol: Silahkan pilih jenis protokol yang akan digunakan, biasanya saya menggunakan TCP.
  • Direction: Ada 3 pilihan, yaitu receive, send dan both. Untuk Receive dan send keduanya bisa di artikan upload dan download, dan posisinya tergantung anda speedtestnya di posisi perangkat A atau B. Sedangkan untuk both untuk keduanya.
  • Tcp Connection count: Isi aja default yaitu 20
  • Local dan Remote Tx Speed : Anda bisa membatasi nilai bandwidth ketika di speedtest sampai berapa sesuai kebutuhan anda.
  • User dan password: Masukan User dan password login mikrotik lawan.

Supaya lebih afdol, biasanya saya ketika melakukan bandwidth test sambil melakukan ping ke perangkat lawan juga. Itulah tutorial cara speedtest pada perangkat mikrotik. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...