Cara Membagikan Koneksi Internet Ke PC Dari Modem Indihome Melalui Kabel LAN

Bagi kalian yang sedang mencari tutorial cara membagikan koneksi internet ke setiap pc baik di tempat kerja, sekolah atau rumah anda, tutorial yang log-gis bagikan ini sangat cocok sekali. Saya tahu bagi kalian yang baru pasang internet baik dari telkom indihome maupun provider lainnya pasti kebingungan selanjutnya bagaimana cara share ke setiap pc yang ada di tempat anda, masalahnya pihak provider hanya membantu pasang sampai aktivasi modem saja, dan modem/router AP sendiri hanya membagikan internet via wireless atau yang biasa kita sebut WiFi.

Peralatan dan persiapan
Ok, sebelum lanjut ke cara sharing internet dari modem ke pc, sebaiknya anda menyiapkan beberapa peralatan tambahan seperti yang saya sebutkan dibawah ini.
  1. Kabel UTP yang sudah siap pasang, atau biasa disebut kabel LAN, bila belum faham cara merakit kabel UTP agar siap digunakan, bisa kunjungi link disini.
  2. Switch, ada beberapa pilihan, mulai dari 8, 16, 24 dan masih banyak, silahkan pilih sesuai kebutuhan
LAN Topologi
Sebelum melakukan installasi dilapangan, silahkan simak gambar berikut sebagai acuan anda untuk installasi.
Sedikit pembahasan terkait desain diatas, kabel UTP yang sudah di crimping di colokan ke port LAN pada modem yang sudah di konfigurasi pihak provider, kalau anda bingung port berapa yang berfungsi sebagai pembagi internet anda bisa tanyakan langsung ke pihak teknisi, selanjutnya hubungkan dari modem ke switch, anda bisa memilih salah satu port pada switch. Nah setelah dari switch hubungkan masing-masing kabel dari switch ke setiap pc. Topologinya sangat sederhana.

Tahap installasi dan konfigurasi
Karena tutorial ini saya khususkan bagi yang baru terjun dan tidak mau report terlalu dalam mempelajari TKJ, jadi saya tidak akan menjelaskan lebih detail. Seperti yang saya jelaskan diatas, internet akan didistribusikan dari modem/reouter AP pihak provider, dan disalurkan ke setiap pc.

Ada dua cara supaya PC bisa mendapatkan internet dari modem/router AP
  1. IP Dynamic, atau DHCP sangat membantu sekali bagi pemula, sedikit penjelasan DHCP ini fungsinya untuk memberi dan mendapatkan alamat IP secara otomatis, syaratnya DHCP server pada modem/router AP provider sudah di aktifkan, untungnya setiap provider sudah menyalakan fitur tersebut, jadi anda cukup colokan kabelnya ke setiap PC, dan selanjutnya anda hanya perlu memastikan PC di setting di mode DHCP client atau pada OS windows biasa disebut obtain. Langkahnya sangat mudah, anda masuk ke Control Panel>Network and Internet>Network and Sharing Center>Change adapter setting>Klik 2x Adapter Local Area Connection>Properties>Internet Protocol Version 4> Pada radio button pilih Obtain IP Address Automaticaly & Obtain DNS server automatically.
  2. Cara ini lumayan ribet terutama bagi anda yang belum faham jaringan komputer dasar, pastikan anda mengetahui range IP yang bisa digunakan untuk masing-masing PC, anda bisa mengetahuinya dengan cara tanya langsung ke pihak provider/teknisi. Anda harus faham konsep subnneting, apa itu subbneting anda bisa mengikuti kelas tutorial yang sudah saya bagikan disini.  Tapi bilamana anda pengen langsung praktek, inputkan masing-masing IP di Control Panel>Network and Internet>Network and Sharing Center>Change adapter setting>Klik 2x Adapter Local Area Connection>Properties>Internet Protocol Version 4> Pada radio button pilih User the following IP address & Use the following DNS server address. ada beberapa syarat agar PC bisa terkoneksi internet dengan IP yang di input manual.
  • IP Address
  • IP Subnetmask
  • IP Gateway
  • IP DNS Server
  • Dari keempat syarat tersebut pastikan semuanya sudah satu jaringan dengan perangkat modem/router AP dari provider
Nah dari kedua cara tersebut, saya sarankan gunakan saja cara pertama bagi anda yang sekedar hanya ingin mengkoneksikan internetnya ke PC, karena biasanya modem sudah di set dynamic oleh teknisinya, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...