Cara Hapus Folder Beserta Semua Isinya di Linux

Untuk menghapus folder beserta isinya di linux itu tergolong gampang-gampang susah, tak seperti di windows, ketika ingin hapus folder atau file di linux melalui comand line itu harus extra hati-hati karena salah sedikit aja bisa habis semua data di hardisk anda. Sebelum mengalami masalah seperti itu, sebaiknya anda menyimak tutorial yang saya bagikan berikut ini.

Sebenarnya perintah menghapus folder di linux anda cukup memasukan rmdir diikuti dengan nama foldernya, cuman cara tersebut berlaku jika didalam folder tersebut hanya memiliki sub file/direktori sedikit dan anda mau mengkonfirmasinya satu-persatu sebelum benar-benar menghapusnya, bagaimana kalau banyak? pasti cukup menguras banyak waktu. Cara terbaiknya adalah dengan menggunakan rm -rf diikuti dengan nama foldernya, perintah tersebut bakal langsung menghapus folder beserta isi didalamnya tanpa konfirmasi terlebih dahulu. Berikut contohnya, pastikan anda sudah login sebagai root.

#rm -rf lokasidannamafolder

Sebaiknya anda selalu memperhatikan nama folder dan file beserta letak lokasinya sebelum benar-benar mengeksekusinya, karena ketika anda sudah menjalankan perintah tersebut data anda akan terhapus tanpa ada konfirmasi terlebih dahulu.

Semoga bermanfaat, terimakasih.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...