Penyebab dan Solusi Koneksi Internet Indosat 4G Lemot

Koneksi internet saat ini adalah salah satu kebutuhan yang lumayan diutamakan bagi orang di zaman ini, terutama yang kesehariannya tidak lepas dari smartphone.

Bagi kalian pengguna setia indosat kemungkinan sering mengalami koneksi lemot pada waktu-waktu tertentu, apalagi gamer hampir tau jam berapa koneksi internet tiba-tiba akan lemot.

Bagi kalian yang di kota mungkin bisa memilih kartu apa yang cocok untuk koneksi internet yang akan anda gunakan sehari-hari, karena saking banyaknya provider dan area sudah tercover dengan koneksi 4G, tapi bagi kalian yang di daerah biasanya harus rela menikmati kartu tertentu saja dikarenakan hanya kartu tersebut yang sudah menjangkau daerah kalian, tidak terlepas dari itu harga yang ditawarkan pun cukup murah dan bisa dijangkau setiap hari untuk kebutuhan internet anda.

Kemungkinan penyebab internet Indosat lemot

Berikut beberapa kemungkinan kenapa koneksi internet indosat ooredo di tempat anda sangat lemot

1. Terlalu banyak pengguna

Sering kali anda merasakan koneksi internet lemot pada jam-jam atau waktu tertentu, hal ini kemungkinan traffic sedang tinggi di daerah kamu. Banyaknya pengguna bisa jadi salah satu penyebabnya, apalagi untuk didaerah. Saat ini smartphone bukan barang mewah lagi, hampir setiap orang memiliki satu buah smartphone, bayangkan jika di desa mu hanya ada satu BTS indosat dan pengguna kartu indosat misalkan ada diatas 1000 orang, dan rata-rata hampir orang saat ini menikmati youtube sebagai hiburan di HP nya, yang mana youtube adalah penyumbang penarikan bandwidth yang sangat tinggi.

2. Pemakaian bandwidth pada BTS penuh

Masih berkaitan dengan opsi pertama, karena saking banyaknya pengguna pasti beban yang di ambil atau dikeluarkan(Download/Upload) pada pemancar di BTS penuh, sederhananya misalkan kita asumsikan Radio pemancar dari BTS hanya mampu mengambil dan menarik beban bandwidth sebesar 1GB, sedangkan pemakaian dilapangan sudah melebihi pengguna maksimal pemakaian, otomatis bandwidth saling tarik menarik untuk setiap HP, makanya sering kali ada yang merasa lemot dan ada yang tidak, hal tersebut juga bisa karena modul antena pada HP tertentu lebih bagus untuk menangkap signal.

3. Paket internet terkena FUP

Hampir setiap penyedia layanan internet melalui kartu seperti indosat memiliki kebijakan dan syarat tertentu, walaupun paket yang ditawarkan unlimited tetapi untuk kecepatan masih diatur, salah satunya yaitu FUP(Fair Usage Policy), dimana setiap anda sudah menggunakan internet melebihi kuota tertentu maka kecepatannya akan terus diturunkan.

Nah itu dia beberapa kemungkinan kenapa koneksi internet indosat anda sangat lemot, hal tersebut juga bisa berlaku untuk provider lain tidak hanya indosat saja, seperti telkomsel, xl, axis, 3 dan lain-lain, hal ini bisa juga terjadi.

Dari ketiga pembahasan diatas kita sudah bisa menyimpulkan sendiri solusi apa yang cocok untuk masalah itu.
  • Pihak provider segera upgrade layanan, entah tambah tower baru atau mengganti perangkat pemancar yang bisa lebih menampung user banyak dan memancarkan bandwidth yang lebih tinggi sesuai pengguna dilapangan.
  • Bila tidak ada pilihan provider lain, gunakan internet pada waktu-waktu tertentu yang kemungkinan orang menggunakan internet sangat kecil. Contoh malam hari ketika orang sudah tertidur.

Ada opini lain? silahkan tulis di kolom komentar.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Leave A Comment...