Cara Install dan Konfigurasi Mikortik di GNS3 Dengan Mudah



Sebelum masuk ketahap install dan konfigurasi Mikrotik, pastikan anda sudah mengunduh file CHR(Cloud Hosted Router) milik Mikrotik yang sudah di sediakan di situs mikrotik, Cloud Hosted Router (CHR) adalah versi RouterOS yang ditujukan untuk dijalankan sebagai mesin router virtual. CHR mendukung arsitektur x86 64-bit dan dapat digunakan pada sebagian besar hypervisor populer seperti VMWare, Hyper-V, VirtualBox, KVM, PROXMOX VE , AWS EC2 dan lain-lain. CHR memiliki RouterOS dengan fitur lengkap yang diaktifkan secara default, namun memiliki model lisensi yang berbeda dari versi RouterOS lainnya. CHR ini hanya bisa berjalan pada OS 64 bit dan untuk OS 32 bit tidak bisa di jalankan.
Karena disini saya menggunakan Qemu sebagai mesin virtual untuk menjalankannya, Qemu sendiri sudah sepaket di GNS3 saat penginstallanya, jadi pastikan saat menginstall GNS3 sudah dilakukan dengan benar.

Langkah pertama pilih yang RAW. Unduh file 

File Download RAW:



Setelah pengunduhan selesai, selanjutnya masuk ke cara konfigurasi Mikrotik pada lembar kerja GNS3 anda. Pertama buatlah project baru pada GNS 3




Setelah itu buat template baru, klik icon browse all device di tab sebelah kiri > New appliance template


Karena disini saya menggunakan Qemu sebagai virtual machine(sepaket dalam penginstallan GNS3) jadi pilih Add a Qemu virtual machine > OK


Berikan nama pada kolom Name sesuai keinginan anda.

Untuk Qemu Binary jangan dirubah, sesuaikan dengan posisi default. Untuk RAM silahkan sesuaikan dengan selera anda, disini saya kasih 256 MB dan selanjutny pilih tombol Next


Untuk Console Type kita pilih telnet sebagai perantara pertama login untuk konfigurasi Router Mikrotik. Seperti biasa tekan Next lagi.


Sekarang arahkan/pilih file CHR mikrotik yang sudah di download, pilih New Image lalu klik tombol Browse dan terakhir tekan tombol Finish.


Selanjutnya akan muncul template yang sudah di buat barusan, silahkan pilih lalu klik tombol Edit untuk merubah beberapa setingan sebelum menjalankan templatenya.


Dalam kolom symbol silahkan rubah icon nya menjadi icon router supaya enak dilihat, dan untuk Category pilih sebagai Router.


Pindah ke tab Network silahkan tambahkan jumlah Adapters Network nya sesuai kebutuhan. Jangan lupa klik Ok untuk menyimpan.


Selanjutnya tambahkan template/device pada Mikrotik yang sudah kita buat tadi ke lembar kerja, caranya cukup di geser saja. Untuk menjalankannya silahkan klik router nya lalu tekan tombol Play warna Hijau untuk menyalakan devicenya.



Selanjutnya tahap terakhir yaitu masuk ke console untuk mulai konfigurasi mikrotik yang sudah kita buat. Klik kanan pada device>Console.


Sampai tahap ini mikrotik sudah bisa di gunakan, cukup mudah untuk install dan konfigurasi Mikrotik di GNS3. Selanjutnya anda bisa kembangkan sendiri cara belajar kalian bagaimana.

Catatan penting, karena disini saya menggunakan lisensi free, jadi kecepatannya hanya di batasin 1mbps, jadi jangan heran kalau agak lemot ketika menggunakannya, terutama via winbox yang lumayan narik bebannya.

Ngomong – ngomong soal konfigurasi menggunakan winbox, di tutorial selanjutnya saya akan jelaskan bagaimana cara menghubungkan Mikrotik Virtual pada GNS3 dengan winbox yang berada pada PC/Laptop dan Menghubungkan Internet ke Mikrotik pada GNS3 kita.

Semoga bermanfaat, terutama bagi anak-anak smk yang minim praktek bisa jadi solusi buat pembelajaran.

silahkan di ikuti terus perkembangan blog ini, terima kasih.

2 komentar :

Reader's Comments